Minggu, 06 Januari 2013

POINT UNTUK ORGANISASI

ngakuu seneng berorganisasi,, harus baca ini sampai selese :)
 
1. Pemimpin  :
     a. ing ngarso sung tuladha :: didepan menjadi contoh yang baikk
     b. ing madya mangun kasrso :: ke tengah memberi semangat
     c. tut wuri handayani :: mengontrol dan mengawasi kerja setiap anggota juga memberikan spirit
2. Dalam organisasi,, punya 2 kewajiban :
     a. memilih seorang ketua
         mungkin[phe bagi sebagian orang memilih seorang ketua itu gampang. namun perlu diperhatikan dalam memilih seorang ketua yakni pilihlah dengan hati nuranimu,, jangan karna unsur kedekatan atau karna dia baik telah memberimu segepok uang/apapun itu. pilihlah yang menurut kamu emang terbaik dari yang lain dan pastinya bertanggungjawab. :)
     b. mengawasi ketua
         setelah memilih ketua,, hendaknya mengawasi kinerja sang ketua pula. biasanya suatu organisasi sudah punya ketua malah semuanya dikembalikan keketua. ketika melihat suatu kemnclengan harusnya anggota meluruskan bukan hanya nggrundel dielakan dengan anggota lain. point ini jika dibiarkan maka bisa jadi racun dalam suatu organisasi.
3. Bedakan antara seorang pemimpin dengan seorang bos/mandor
    ketika seorang bos/mando melihat kesalahan pada anggtanya,, langsung mengatakan salah. namun,, lain halnya seorang pemimpin,, ketika ia melihat kesalahan pada amggotanya ia tidak langsung mengatakan salah melainkan dengan melalui pendekatan. dan perlu diketahui bahwasannya seorang pemimpin memiliki "hati" kita bukan aku.
4. Solusi menjalankan tugas 3 point diatas
    a. mulai dari diri sendiri
       segala sesuatu itu berasal dari diri kita sendiri. semua akan kembali kediri kita. ketka kita diperintah dari siapapun maka kerjakanlah dengan sunguh-sungguh. "janganlah bicara apa yang tidak dikerjakan oleh anggota lain" dan "lihatlah apa yang dikatakan jangan lihat siapa yang mengatakan".
    b. mulai dari yang terkecil
       janganlah menyepelekan sesuatu yang kecil ,, karna bisa juga sesuatu yang kecil akan menghasilkan sesuatu yang besar. ketika suat organisasi menyepelekan sesuatu yang kecil,, maka bisa menjadi racun kehancuran organisasi.   
    c. mulai dari sekarang     
        janganlah suka menunda-nunda pekerjaan pada esok hari ketika kamu bisa melakukannya sekarang juga. sesuatu yang ditunda akan menyebabkan suatu organisasi tidak berjalan sempuna .

makasii udah bersedia membaca ,, moga bermanfaat buat kalian yang haus organisasi .. sukses ajj buat organisasi kalian :) 
 

2 komentar:

Unknown mengatakan...

apakah ak sudah pantas menjadi pemimpin,.?

Unknown mengatakan...

thanks....
menurutmu ???akan lebih baik kau tanyakan itu secara langsung :)